AD (728x60)

Total pengunjung

andi wardiman anwar. Powered by Blogger.

Followers

Wednesday, July 31, 2013

PERAN PROGRAM KB DALAM MASYARAKAT

Share & Comment


Banyaknya jumlah penduduk indonesia telah menjadi hal biasa di kuping masyarakat, namun tanpa menyadari bahwa banyaknya jumlah penduduk ini akan menjadi bomerang bagi negara kita utamanya dalam pembangunan menuju negara yang lebih baik dengan tingkat kualitas SDM yang tinggi. Salah satu faktor yang mempengaruhi bertambahnya jumlah penduduk indonesia karena kurang kesadaran akan masyarakat dalam merencanakan pernikahan dan batasan jumlah anak. masyarakat beranggapan bahwa “banyak anak banyak rejeki”  dengan banyaknya anak maka akan membantu mereka dalam mencari nafkah. Ini merupakan pemikiran-pemikiran zaman primintif dimana anak di jadikan alat untuk mencari uang bukankanh ini sangat memprihatinkan dan apabila di biarkan tentu jumlah penduduk akan bertambah dan akan terjadi ledakan penduduk. Oleh karena itu untuk mengubah pola pikir msayarakat dan menekan laju pertumbuhan penduduk maka pemerintah merancang suatu program yang dinamakan KB (keluarga berencana) guna dalam upaya peningkatan kepedulian dan peran serta masyarakat melalui pendewasaan usia perkawinan (PUP), pengaturan kelahiran, pembinaan ketahanan keluarga, peningkatan kesejahteraan keluarga kecil, bahagia dan sejahtera.
Tujuan utama program keluarga berencana nasional adalah untuk mengontrol jumlah penduduk yang ada di negara ini, untuk memenuhi perintah masyarakat akan pelayanan keluarga berencana dan kesehatan reproduksi yang berkualitas, menurunkan tingkat atau angka kematian Ibu dan bayi serta penanggulangan masalah kesehatan reproduksi dalam rangka membangun keluarga kecil yang berkualitas. Sekarang ini pelaksanaan program KB dirasakan telah membuahkan hasil Walaupun masih belum berhasil benar tetapi telah mengalami kemajuan yang cukup besar.
Negara indonesia menempati urutan ke-4 duni dengan jumlah penduduk yang terbanyak. Oleh karena itu pemerintah berusaha menekan laju pertumbuhan penduduk dengan program KB. Berbagai cara dilakukan oleh BKKBN dalam mensukseskan program KB seperti penyuluhan ke daerah-daerah, iklan televisi, dan penyebaran opini akan pentingnya KB melalui bidan-bidan atau tenaga medis lainnya. Perjuangan yang dilakukan oleh BKKBN telah mebuahkan hasil yang baik. Apa yang diharapkan terjadi pengontrolan penduduk di masyarakatpun bisa terpenuhi dimana pola pikir masyarakat yang tadinya menyatakan bahwa “banyak anak banyak rejeki” pun mulai sedikit terkikis. masyarakat tidak seperti itu lagi, sekarang pola pikir masyarakat menjadi “banyak anak banyak rejeki yang harus di cari”. dan KB bukan hanya sebagai pengontrol kelahiran anak namun sebagai persatuan pemikiran rumah tangga bahwa tidak melahirkan anak yang terlantar dan mudah melanggar peraturan.
Merawat anak yang masih kecil dengan jumlah yang banyak adalah suatu hal yang melelahkan. Sesuatu hal yang sangat membebani. Banyak sekali hal yang harus dilakukan untuk mampu menghidupi banyak sekali anak. Tidak hanya biaya hidup tetapi juga biaya pendidikan yang semakin lama semakin meninggi.Oleh karena itu, maka tidak heran jika saat ini banyak orang yang untuk tidak berpikiran memiliki anak banyak. Mereka lebih memilih memiliki sedikit anak, yakni satu atau dua saja. Semua itu karena biaya yang ada di kehidupan sehari-hari sangatlah tinggi. Mulai dari biaya hidup sampai biaya pendidikan semuanya sangat tinggi.Sebenarnya semua masalah sosial yang ada di masyarakat yang ada bisa di atasi. Penyelesaian yang ada bisa diatasi jika adanya pemerataan kesejahteraan sosial yang benar-benar merata. Namun semua itu tidak bisa dilakukan karena masih belum meratanya kesejahteraan sosial masyarakat yang ada di negeri ini. Maka tidak heran jika program KB lah yang dipilih demi mensejahterakan masyarakat negera ini.

Sumber materi :http://bkbppekg.wordpress.com/2012/08/28/peran-program-kb-dalam-masyarakat/


Tags:

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

3 comments:

  1. kata pak presiden Ri " KB bukan hanya sebagai pengontrol kelahiran anak namun sebagai persatuan pemikiran rumah tangga bahwa tidak melahirkan anak yang terlantar dan mudah melanggar peraturan"

    ReplyDelete
  2. bgaimana kalau orang kaya memiliki jumlah anak yg banyak..? kan tidak akan terlantar, dan orangtua merekaa akan memberikan pendidikan yang baik bagi anaknya,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu bagus it's okk, namun sekarang ini, kita ingin melihat negara indonesia ber-metamorfosis dari negara berkembang menjadi negara maju, dan salah satu upaya mendukung itu adalah menekan laju pertumbuhan penduduk agar tidak terjadi ledakan penduduk,,
      dengan ikut KB salah satu cara..

      Delete

 

Popular Content

Recent Posts

Why to Choose RedHood?

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
pasang di blog anda
Copyright © PENDUDUK DAN DUNIA | Designed by Templateism.com