AD (728x60)

Total pengunjung

andi wardiman anwar. Powered by Blogger.

Followers

Monday, July 15, 2013

MENGATASI PERMASALAHAN PENDUDUK DI INDONESIA

Share & Comment




Penduduk adalah objek dan subyek pembangunan. Sebagai objek, penduduk adalah sasaran pembangunan. Sebagai subyek, penduduk adalah pelaku pembangunan. Peranan penduduk sebagai subyek menentukan arah dan keberhasilan pembangunan. Potensi dan tantangan pembangunan ditentukan oleh keadaan riil kependudukan dan sumber daya alam yang dimiliki oleh suatu negara.

Bagaimana potensi dan tantangan pembangunan di Indonesia?. Kekayaan sumber daya alam yang ada di bumi Indonesia sangat besar. Ini merupakan suatu potensi. Masalahnya adalah  sanggupkah penduduk Indonesia mengeksploitasi dan mengelola sumber daya alam yang melimpah itu?  Fakta menunjukkan bahwa eksploitasi sumber daya alam (penambangan) di Indonesia banyak dilakukan oleh perusahaan asing. Proyek-proyek pembangunan oleh pemerintah juga sering menggunakan bantuan (assistance)  perusahaan asing.

Hal ini disebabkan oleh keterbatasan modal dan teknologi yang dimiliki penduduk Indonesia. Penguasaan teknologi dan kepemilikan modal terkait dengan kualitas sumber daya manusia (SDM) penduduk Indonesia. Rendahnya kualitas sumber daya manusia penduduk Indonesia ditunjukkan dengan pendapatan perkapita yang relatif rendah. Kualitas sumber daya manusia penduduk Indonesia yang rendah merupakan penghambat pembangunan.

Secara terperinci faktor kependudukan yang menghambat pembangunan adalah Rendahnya kualitas SDM penduduk Indonesia. Salah satu indikator kemakmuran suatu negara adalah volume barang dan jasa yang dihasilkan oleh penduduknya. Untuk memproduksi barang dan jasa diperlukan penguasaan teknologi dan ilmu pengetahuan. Penguasaan teknologi dan ilmu pengetahuan terkait dengan kualitas SDM penduduk suatu negara. Jadi kualitas SDM merupakan faktor penentu kemakmuran. Apa yang dapat dilakukan oleh orang yang tidak memiliki keterampilan dan ilmu pengetahuan?
Kedua Pertumbuhan penduduk yang tinggi. Penduduk merupakan potensi sekaligus beban pembangunan. Penduduk yang berkualitas (produktif) merupakan potensi/kekuatan pembangunan. Sedangkan penduduk dengan kualitas rendah (non produktif) merupakan beban pembangunan. Pertumbuhan penduduk bagi suatu negara dapat menjadi kekuatan sekaligus beban. Ini tergantung bagaimana kualitas penduduknya. Bagi Indonesia, pertumbuhan penduduk yang tinggi merupakan beban pembangunan. Mengapa? Jumlah penduduk Indonesi saat ini sudah cukup besar. Tetapi kualitas hidupnya (kemakmurannya) masih rendah.  Apabila pertumbuhan penduduk masih tetap tinggi, maka kualitas hidup (kemakmuran) akan semakin menurun.
Upaya yang telah dilakukan pemerintah untuk mengatasi masalah-masalah tersebut adalah :
1.        Jumlah penduduk dan pertumbuhannya diatasi dengan program Keluarga Berencana (KB).
2.        Persebaran dan Kepadatan penduduk diatasi dengan :
a.       Program Transmigrasi
b.      Pembangunan lebih intensif di Kawasan Indonesia Timur.
3.        Tingkat kesehatan yang rendah diatasi dengan:
a.       Pembangunan fasilitas kesehatan seperti Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)
b.      Pelayanan kesehatan gratis bagi penduduk miskin
4.        Tingkat pendidikan yang rendah diatasi dengan:
a.       Penyediaan fasilitas pendidikan yang lebih lengkap dan merata di semua daerah di Indonesia.
b.       Penciptaan kurikulum pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan pasar tenaga kerja
c.       Peningkatan kualitas tenaga pengajar (guru dan dosen) di lembaga pendidikan milik pemerintah
d.      Penyediaan program pelatihan bagi para pengajar dan pencari kerja
e.       Mempelopori riset dan penemuan baru dalam bidang IPTEK di lembaga- lembaga pemerintah
5.        Tingkat  pendapatan yang rendah diatasi dengan :
a.       Penciptaan perangkat hukum yang menjamin tumbuh dan berkembang-nya usaha/investasi, baik PMDN ataupun PMA.
b.      Optimalisasi peranan BUMN dalam kegiatan perekonomian, sehingga dapat lebih banyak menyerap tenaga kerja.
c.       Penyederhanaan birokrasi dalam   perizinan usaha. Pembangunan/menyediakan fasilitas umum (jalan, telepon) sehingga dapat mendorong kegiatan ekonomi.
Dengan menerapkan langkah-langkah tersebut maka diharapkan penduduk yang berkualitas dapat terwujud demi cita-cita bangsa Indonesia. Ayo kita bangun bangsa ini dengan menerapkan pendidikan berwawasan kependudukan mengigat penduduk adalah subyek sekaligus objek pembangunan.
 
   




Tags:

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

7 comments:

  1. pokonya, kita harus bersama sama mengatasi masalah ini,,, jangan cuman bergantung pada pemerintah saja,, heee

    ReplyDelete
  2. hahaha, wee andi,, kerja di pemerintahan ko saja hahahah,,

    ReplyDelete
  3. yang utama SDM, contohnya amerika,, penduduknya banyak tapi menjadi negara maju,, mengapa,? karena penduduknya berkualitas, SDM nya berkualitas

    ReplyDelete
    Replies
    1. kualita SDM merupakan faktor penentu kemakmuran suatu negara. jika di pertanyakan kenapa kualitas SDM kita rendah, itu bukan solusi, yang menjadi solusi bagaiama caranya agar kualitas SDM kita itu maju, dan untuk maju harus ada kemauan.

      Delete
  4. oh indonesia ku yang malang

    ReplyDelete
  5. bagimanapun indonesia adalah negara kita bersama, jadi kita harus mengatasi masalah bersama-sama.jadi kita harus membuat indonesia menjadi negara maju dengan pendapatan perkapita diatas 10.000 US $

    ReplyDelete

 

Popular Content

Recent Posts

Why to Choose RedHood?

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
pasang di blog anda
Copyright © PENDUDUK DAN DUNIA | Designed by Templateism.com